RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD
Kelas/ Semester : V/ 1(Satu)
Tema/ Subtema : Bangga sebagai Bangsa Indonesia / Indonesiaku Bangsa
yang Kaya
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat
bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa
Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain
untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2 Meresapi anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan proses
kehidupan bangsa dan lingkungan alam
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang
ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.3.1 Menunjukkan jenis
barang yang diekspor dan diimpor oleh Indonesia dari teks paparan iklan.
4.3 Menyajikan
teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
4.3.1. Membuat struktur teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai
kegiatan ekonomi antar bangsa.
Matematika
Kompetensi
Dasar :
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agaman yang
dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap
kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
3.1 Mengenal
konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan
pangkat tiga sederhana
3.1.1. Menuliskan perpangkatan dua sebagai perkalian
berulang
4.2 Menentukan
bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan penambahan,
pengurangan, perkalian, atau pembagian bilangan satu atau dua angka
4.2.1 Menyelesaikan
permasalahan matematika yang melibatkan perkalian.
C.
Tujuan
Pembelajaran
·
Dengan
menggali informasi dari bacaan, siswa mampu menunjukkan jenis barang yang
diekspor dan diimpor oleh Indonesia dari teks paparan iklan dengan teliti
·
Dengan
mengamati papan reklame, siswa mampu menjelaskan struktur teks paparan iklan
tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa dengan percaya diri.
·
Dengan
bekerja sama dalam kelompok, siswa mampu membuat struktur teks paparan iklan
ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa dengan mandiri
·
Dengan
mengolah informasi yang disediakan, siswa mampu menuliskan perpangkatan dua
sebagai perkalian berulang dengan teliti
·
Dengan
mengolah informasi yang disediakan, siswa mampu menyelesaikan permasalahan
matemtaika yang melibatkan perkalian dengan rasa ingin tahu.
D. Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia: Membaca teks tentang “Papan
Reklame Toko Mebel,”
Bertanya tentang “
Mengisi pada papan reklame”
Melakukan Berotasi
mencari Informa.
Matematika: Mencari luas pada beberapa
persegi
E. Metode dan Pendekatan Pembelajaran
Metode :
Ceramah, tanya jawab, dan diskusi.
Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi,
eksperimen,
mengasosiasi/mengolah infomrasi, dan mengkomunikasikan).
F. Media, Alat, dan Sumber Belajar
1. Media
dan Alat: Buku, Teks bacaan tentang kegiatan ekspor dan impor, teks
bacaan tentang unsur-unsur papan reklame, gambar iklan atau reklame, majalah,
surat kabar.
2. Sumber:
Pusat
Perbukuan Balitbang dan Kemdikbud 2014. Buku
Siswa SD Kelas 5 Tema 5: Bangga Sebagai Bangsa Indonesia, Jakarta: Kemetrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pusat
Perbukuan Balitbang dan Kemdikbud 2014. Buku Guru
SD Kelas 5 Tema Tema 5: Bangga Sebagai Bangsa Indonesia. Jakarta: Kemetrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pembuka
|
·
Guru memberi salam
·
Berdoa besama
·
Guru mencek kehadiran siswa
·
Guru mengadakan appersepsi
·
Siswa
membaca teks bacaan pembuka yang berjudul “Papan Reklame Toko Mebel”. Bacaan
ini merupakan bacaan yang dipakai untuk membuka pembelajaran yang nantinya
akan menghubungkan reklame dengan kegiatan prmbelajaran
berikutnya.
·
Siswa
mengaitkan isi bacaan dengan pengalaman sehari-hari tentang reklame. Guru
menstimulus diskusi dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan pancingan seperti
: Apa yang kamu perhatikan pertama kali ketika kamu melihat papan reklame?
·
Siswa
menuliskan jawaban mereka pada kolom yang disediakan, kegiatan ini bisa
dikerjakan secara individual atau berpasangan dengan teman sebangku
(disesuaikan dengan kondisi kelas)
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Langkah-langkah Kegiatan
MENGAMATI
·
Siswa mengamati gambar reklame
atau iklan dari majalah/koran atau media apa saja, atau dari pengalaman
mereka sehari–hari
·
Siswa menyimak hal-hal yang
terdapat pada iklan/ reklame tersebut
·
Siswa membaca struktur teks yang
mereka temukan pada iklan/reklame, baik dari segi warna, jenis, ukuran dll
·
Kegiatan pengamatan ini
dilanjutkan dengan kegiatan yang disebut “Berotasi Mencari Informasi” dimana
siswa diberi kesempatan untuk mencari dan bertukar informasi dengan
teman-temannya.
·
Siswa mengikuti instruksi
kegiatan seperti tertera pada buku teks siswa, yaitu membuat daftar
pertanyaan yang ingin mereka tanyakan kepada teman-temannya pada saat
bertukarinformasi.
·
Siswa dibimbing untuk memahami
instruksi tertulis yang diberikan:
1. Buatlah tabel berdasarkan pertanyaan yang telah kamu buat. Satu
pertanyaan, satu kolom.
2. Letakkanlah tabelmu di atas
mejamu. Lalu, berpindahlah ke meja yang lain. Teman dari meja yang lain juga
akan berputar dan pindah ke mejamu.
3.
Ketika sampai di meja pasangan
lain, baca pertanyaan pada setiap kolom, dan jawablah.
4.
Lakukanlah hal yang sama beberapa
kali lagi sampai semua kelompok sudah dikunjungi.
5.
Kembalilah ke tempat dudukmu dan
bacalah jawaban yang diberikan oleh teman-temanmu.
6. Rapikan dan hiasi tabelmu dan tempelkan di dinding kelas agar dapat
dibaca oleh teman-temanmu.
Mengumpulkan Informasi
·
Siswa menggali informasi dari teks bacaan tentang
perdagangan antarnegara. Bacaan ini memberikan informasi kepada siswa tentang
kegiatan ekspor dan impor.
·
Guru memberikan bimbingan dengan mengajukan beberapa
pertanyaan yang bisa dijadikan acuan dalam mencari informasi seperti:
Barang-barang apa saja yang diekspor? Barang-barang apa saja yang diimpor?
Mengapa kegiatan ekspor impor penting? Dsb
·
Siswa
mengumpulkan kosa kata baru/sulit yang mereka temukan dalam bacaan pada tabel
yang disediakan. Kegiatan ini ditujukan untuk memperluas pengetahuan siswa
tentang kosa kata Bahasa Indonesia dan memperdalam pemahaman siswa tentang
topik bacaan.
Menanya
·
Siswa
menggunakan pemahamannya tentang struktur teks reklame dalam melakukan tanya
jawab dalam kelompok
·
Siswa
bekerjasama dalam kelompok untuk mengisi tabel yang berisi
pertanyaan-pertanyaan yang menguji pemahaman siswa tentang struktur teks
reklame
MENGASOSIASI
·
Siswa membaca dialog singkat yang menjembatani peristiwa
konstekstual yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari mereka dengan konsep
matematika.
·
Siswa mengamati penjelasan tentang bilangan perpangkatan dua
pada buku teks
·
Siswa menggunakan penalarannya untuk mencari keterkaitan
konsep matematika bilangan perpangkatan dua dengan permasalahan sehari-hari
·
Siswa menguji pemahamannya dengan memecahkan beberapa soal
matematika yang disajikan di buku siswa
·
Siswa mengkomunikasikan pemahamannya tentang bilangan perpangkatan
dua dan kaitannya dengan perkalian yang berulang melalui soal-soal cerita
matematika
|
155Menit
|
Penutup
|
a. Peserta didik barsama-sama guru membuat rangkuman/ simpulan
dari kegiatan hari itu.
b. Peserta didik melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan
yang terdapat dalam buku siswa yang mereka pelajari pada hari tersebut,
bagian yang sudah mereka pahami dengan baik, bagian yang belum dipahami,
serta hal apa yang mereka ingin ketahui lebih lanjut).
c. Guru
meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin doa.
|
10 Menit
|
H. Penilaian
1.
Teknik
Penilaian
a.
Penilaian Sikap:
-
Kecermatan dan ketelitian dalam kegiatan
menggali informasi dalam teks dan mengamati
gambar.
-
Kemandirian dan kecermatan dalam membuat
peta pikiran dan membuat laporan.
-
Percaya diri dalam melakukan kegiatan
wawancara.
b.
Penilaian Pengetahuan :
-
Tes Harian
-
Penugasan
c.
Penilaian Keterampilan :
-
Penugasan
2. Bentuk Instrumen Penilaian
a.
Rubrik
Tugas Daftar Kosa Kata baru Hal.
10 Buku Guru
b.
Rubrik
Diskusi Kelompok Struktur Teks Reklame Hal.
11 Buku Guru
c.
Rubrik
Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Hal.
12 Buku Guru
Amuntai, 19 Juni 2014
Kepala
Sekolah Guru
Kelas V
NIKMATULLAH
KAMSI, S.Pd.MM MASRUPAH

BAGI
GURU SASARAN SD
TUGAS MANDIRI
MEMBUAT
RPP TEMA 5
OLEH
AYU
salam kenal. semoga blognya bermanfaat.
BalasHapuskunjungi juga adiwaled.blogspot.com
trims... dah mampir...
BalasHapus